Skip to main content

Pengakuan Kemerdekaan Indonesia dari Mesir

Delegasi Indonesia bertemu tokoh Ikhwanul Muslimin Syaikh Hassan Al-Banna

Di mesir terdapat sebuah Organisasi Islam yang dinamai Al-Ikhwan Al-Muslimun yang dipimpin Syaikh Hasan Al-Banna memperlihatkan dukungan positif terhadap kemerdekaan Indonesia. 

Gerakan Ikhwanul Muslimin merupakan gerakan Persaudaraan Islamiyah atau Pan Islamisme yang gigih menentang kolonialisme Inggris di Mesir. Gerakan ini juga aktif menggalang persaudaraan di kalangan umat muslim.

Begitu mendapatkan informasi bahwa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaan ke seluruh dunia, Mesir langsung mengirimkan perwakilan Konsul Jenderalnya yang bernama Moh. Abdul Mun'im untuk datang ke Yogyakarta. Kunjungan Mun'im itu untuk mewakili negerinya dan membawa pesan dari Liga Arab untuk mendukung kemerdekaan Indonesia.

Ditemani Ketut Tantri (Muriel Pearson) yang menetap di Indonesia dan berprofesi sebagai penyiar radio nasional, wanita Amerika yang banyak membantu perjuangan rakyat Indonesia di masa revolusi. Mun'im menghadap Presiden Soekarno untuk menyampaikan pesan-pesan dari Liga Arab.

Reaksi kuat yang ditunjukkan di Mesir atas kemerdekaan Indonesia itulah yang akhirnya Mesir pada 22 Maret 1946 mengakui kedaulatan pemerintah Indonesia. 

Maka Mesir menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Sebagai bukti terima kasih Indonesia kepada Pemerintah Mesir pada tanggal 7 April 1946 Presiden Soekarno mengirimkan perwakilan ke Mesir.

Pengakuan Mesir terhadap Indonesia diperkuat dengan ditandatanganinya hubungan bilateral antara Indonesia dengan Mesir di Kairo. Duta besar Belanda di Mesir berupaya keras untuk menggagalkan upaya Haji Agus Salim untuk menjalin perjanjian persahabatan antara Indonesia dengan Mesir. 

Dubes Belanda bersikeras bahwa Indonesia bukanlah sebuah Negara yang merdeka dan berdaulat, melainkan masih berada di bawah kekuasaan Belanda. Oleh karena itu, segala tindakan politik yang mengatasnamakan Indonesia sebagai sebuah negara tidak diakui, kecuali atas sepengetahuan dan membawa nama pemerintah Belanda.

Perdana Menteri Nokrashi atas nama bangsa Mesir tak gentar dalam menanggapi protes Duta Besar Belanda tersebut. Ketika Belanda melancarkan Agresi Militernya pada 21 Juli 1947 delegasi Indonesia yang masih berada di Timur Tengah segera menghubungi pemerintah Mesir, perwakilan Arab dan Islam di Kairo serta Sekjen Liga Arab A.R. Azzam Pasya di New York guna membantu apa yang sedang dihadapi Indonesia. 

Di bawah pemimpinan Ahmad Kasyabah Pasya Kabinet Mesir melakukan sidang membahas nasib bangsa Indonesia yang sedang mendapatkan aksi militer Belanda.

Di lain pihak para buruh Port Said dan Suez memboikot kapal-kapal Belanda yang membawa serdadu dan senjata yang akan melewati Terusan Suez. Di antara kapal Belanda yang telah diboikot salah satunya kapal Volendam. Sejak kapal tersebut tiba di Port-Said para golongan buruh dan massa Ikhwanul Muslimun langsung menyerbu kapal tersebut yang berisi militan Belanda.

Selain itu para demonstran buruh juga mengejar kapal boat pengangkut logistik yang akan memberikan pasokan kepada kapal Volendam. Tetapi aksi buruh tersebut sempat dihalangi oleh polisi pelabuhan. Di kapal tersebut juga terdapat Mr. Blackfield yang merupakan konsul Honorer Belanda dan juga direktur perusahaan yang mengurusi kapal-kapal Belanda yang berada di pelabuhan tersebut.

Puncak kepedulian masyarakat Mesir diperlihatkan pada rapat umum yang diadakan oleh partai-partai dan organisasi-organisasi masyarakat. pada rapat umum tersebut juga dihadiri Presiden Habib Burguiba dari Tunisia dan pemimpin Maroko Allal Al-Fassi. Rapat umum itu telah menyetujui satu resolusi yang berisi antara lain sebagai berikut.
  • Pemboikotan barang-barang buatan Belanda, di seluruh negara-negara Arab.
  • Pemutusan hubungan diplomatik antara negara-negara Arab dan Belanda.
  • Penutupan pelabuhan dan lapangan terbang di wilayah Arab terhadap kapal dan pesawat Belanda.
  • Pembentukan perangkat kesehatan untuk menolong korban Agresi Belanda.

SUMBER 
1. kompasiana.com/jansent/5ecf86cd097f36118911bb92/pengakuan-kemerdekaan-indonesia-dari-mesir?page=all


2. Hermawan,dkk.2018. Sejarah 3 Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Yudhistira.

3. Melkisedek dkk.2019. Sejarah kelas XII Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Bekasi: Intan Pariwara

3. id.wikipedia.org

Comments

Popular posts from this blog

Pengakuan Australia Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Usaha Indonesia untuk mendapatkan pengakuan di dunia internasional juga dilakukan terhadap tetangga dekatnya, yaitu Australia. Usaha-usaha Pemerintah Belanda untuk meneguhkan kembali kendali kolonialnya di Indonesia di antara tahun 1945 hingga tahun 1949 benar-benar dihalangi oleh Serikat Buruh dan Pemerintah Australia yang saat itu dikuasai Partai Buruh.  Setidaknya, terdapat dua peristiwa penting yang menunjukkan dukungan pemerintah untuk pemerintah Indonesia dalam mencegah kembalinya penjajahan Belanda, yaitu sebagai berikut. Adanya pemboikotan terhadap kapal-kapal Belanda yang memuat senjata untuk dibawa ke Indonesia. Pemboikotan ini diprakarsai oleh cabang Brisbane dari Waterside Workers Federation (WWF) / Federasi Pekerja Pesisir Australia. Partisipasi aktif Australia untuk menyelesaikan sengketa Indonesia-Belanda dan bersungguh-sungguh mendukung Indonesia menentang Belanda. Hal ini dapat dilihat dari sikap anggota Australia dalam Komisi Jasa-Jasa Baik Perserikatan Bangsa-Bangsa

Saluran dan Cara-cara Islamisasi di Nusantara

Menurut Uka Tjandrasasmita (1984), saluran-saluran Islamisasi yang beerkembang ada enam, yaitu : a. Saluran Perdagangan Pada taraf permulaan, saluran Islamisasi adalah perdagangan. Kesibukan lalu lintas perdagangan pada abad ke-7 hingga ke-16 M. membuat pedagang-pedagang muslim (Arab, Persia dan India) tidak turut ambil bagian dalam perdagangan dari negeri-negeri bagian barat, tenggara dan timur benua asia. Saluran Islamisasi melalui perdagangan ini Sangat menguntungkan karena para raja dan bangsawan turut serta dalam kegiatan perdagangan, bahkan mereka menjadi pemilik kapal dan saham. Mengutip pendapat Tome Pires berkenaan dengan saluran Islamisasi melalui perdagangan ini di pesisir pulau Jawa, Uka Tjandrasasmita menyebutkan bahwa para pedagang muslim banyak yang bermukim di pesisir pulau Jawa yang penduduknya ketika itu mash kafir. Mereka berhasil mendirikan masjid-masjid dan mendatangkan mullah-mullah dari luar sehingga jumlah mereka banyak, dan karenanya anak-anak muslim itu men

REUNIFIKASI JERMAN 1990

Reunifikasi Jerman adalah peristiwa penyatuan kembali Jerman Barat dan Jerman Timur menjadi satu negara. Reunifikasi Jerman berlangsung pada sekitar tahun 1990. Reunifikasi Jerman diawali dengan peristiwa demonstrasi masyarakat Jerman Timur dan peruntuhan Tembok Berlin pada November 1989.  Kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II mengakibatkan negara ini terbelah menjadi dua negara yaitu, Jerman Barat dan Jerman Timur. Pembagian wilayah Jerman diatur dalam perjanjian Postdam pada 2 Agustus 1945 yang disepakati oleh Amerika, Uni Soviet, Inggris dan Prancis. Berikut isi dari Perjanjian Postdam yaitu :  Jerman dibagi dalam empat daerah pendudukan, yaitu jerman timur oleh Uni Soviet dan Jerman Barat oleh Amerika, Inggris dan Prancis. Kota Berlin yang terletak di tengah-tengah daerah pendudukan Uni Soviet juga diduduki. Berlin Timur diduduki oleh Uni Soviet dan Berlin barat oleh Amerika, Inggris dan Prancis. Daerah Danzig dan Niesse diberikan kepada Polandia Demiliterisasi (pembebasan pendudu